Welcome to My Blog

Kamis, 24 Maret 2011

Tips Nyaman Bekerja Seharian Di Depan Komputer

Duduk di depan komputer seharian tidaklah bagus untuk tubuh Anda. Jika Anda harus duduk seharian di kursi depan komputer, Anda dapat melakukan beberapa hal yang akan tetap mempertahankan postur dan kesehatan tubuh Anda.

Berikut beberapa tips agar Anda dapat nyaman duduk di kursi depan komputer seharian:

1. Anda dapat duduk dengan baik di kursi yang didesain untuk bekerja di balik meja. Punggung Anda sebaiknya tegak lurus, bahu tegak dan posisi monitor sejajar dengan mata. Jika Anda harus menunduk atau mendongak, Anda dapat mengubah tinggi layar monitor Anda. Jika Anda ingin bersandar ke depan, pertama Anda dapat menuliskan atau membaca huruf-huruf yang besar.

2. Anda dapat memastikan posisi tangan lebih rendah dari siku. Hal ini akan membantu mencegah sindrom Carpal Tunnel. Anda dapat menempatkan posisi lutut sedikit lebih tinggi daripada pinggul. Telapak kaki dapat menapak di sandaran kaki atau di lantai.

3. Anda dapat berdiri setiap setengah jam untuk peregangan atau berjalan-jalan sebentar.

4. Anda dapat meregangkan betis dan mengistirahatkan mata dari layar kcomputer. Hal ini akan membantu Anda mencegah terjadinya penggumpalan darah dari kaki. Penggumpalan darah sering terjadi pada pengguna komputer usia dewasa.

5. Anda dapat meregangkan leher, menggerakkan kepala ke belakang, ke depan, ke samping, ke kanan, dan ke kiri. Anda juga dapat menggerakkan pergelangan tangan Anda. Anda dapat memutar pergelangan kaki agar dapat memperlancar aliran darah dan mencegah kesemutan.

6. Anda dapat melebarkan tangan, memutar pergelangan tangan dengan ibu jari ke atas dan ke bawah dan tarik bahu ke belakang. Hal ini berguna untuk menghindari pembungkukan tubuh Anda.

7. Anda dapat mencoba meregangkan otot tangan dan kaki, lalu tahan sebentar. Anda dapat mengulanginya dalam beberapa menit ketika Anda bekerja seharian.

8. Anda dapat mengambil kesempatan ketika sedang booting computer atau download file yang besar, untuk berdiri dan mencoba push-up, sit-up, dan atau melompat-lompat, atau Anda dapat keluar sebentar untuk mengambil udara segar sedalam-dalamnya.

9. Ketika duduk, Anda dapat mengangkat kaki ke atas dan mengulanginya selama 10 menit sampai kaki Anda lelah. Hal ini akan melatih betis Anda agar tetap kuat.

10. Anda dapat meletakkan botol air atau minuman di samping Anda dan Anda dapat membiasakan diri untuk minum setiap setengah jam agar tubuh tidak kekurangan air ketika energi terkuras habis bekerja seharian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua Artikel

Pengikut

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by free Blogger template